Pengertian dan Prospek Kerja Siswa Siswi TKJ

Network Administrator

Teknik Komputer dan Jaringan memang memiliki jumlah peminat paling banyak di setiap SMK terutama kalangan laki-laki, banyak alasan mengapa mereka memilih jurusan tersebut salah satunya karena perkembangan teknologi yang cepat dan semakin menekan setiap orang untuk menggunakan internet.

Internet menjadi semakin luas dan dari sinilah ladang pekerjaan bagi anak IT bermunculan, peluang usaha dalam Computer Engineer dan juga Network Administrator semakin banyak dibutuhkan. Selama kamu sungguh-sungguh jurusan TKJ dapat menjadi jembatan di dunia yang semakin modern ini.

Sebelumnya kita telah membahas pemilihan SMK, SMK, dan MA untuk membangun karir, saya asumsikan Anda telah masuk SMK dan akan memilih jurusan TKJ.

Pengertian TKJ


TKJ merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan, banyak SMK di Indonesia menyediakan jurusan tersebut. TKJ termasuk dalam bidang studi keahlian Teknik Informatika dan Komunikasi (TIK), di TKJ kalian akan mempelajari dan memiliki kemampuan seperti merakit komputer, installasi software, dasar desain dan editor, installasi jaringan, hingga menjadi seorang yang ahli dalam Network Administrator, dan masih banyak lagi.

Computer Engineer

Intinya TKJ cenderung bermain dengan perangkat fisik/hardware, berbeda dengan RPL yang didik khusus untuk menjadi seorang Programmer handal, jadi kalau kamu ingin menjadi seorang developer game atau pembuat game jangan masuk jurusan TKJ pilihlah RPL.

Sebenarnya TKJ juga memiliki pelajaran pemrograman hanya saja tidak di kupas lebih dalam alias hanya basic-nya saja. Jika kamu senang mengorek atau mengutak-atik komputer maka ambillah TKJ, akan tetapi dalam kurikulum sekarang TKJ lebih difokuskan untuk menjadi ahli dalam software. Maksudnya ahli dalam mengoperasikan bukan membuat, anak TKJ akan dilatih sebagai administrator terutama administrator jaringan.

Pengoperasian sistem operasi Linux dan Windows Server akan sering diajarkan, contoh pengoperasian jaringan di Linux kalian bisa membaca artikel cara membuat DNS Server di Linux Ubuntu dan Debian.

Materi TKJ kelas 10 akan sama dengan RPL, yang saya rasakan paling hanya 1-2 pelajaran yang berbeda. Saat memasuki kelas 11 di sinilah terasa perbedaan yang signifikan dengan jurusan RPL, Anda diberi materi-materi yang fokus-nya lebih ke Jaringan. Mulai dari mempelajari Cisco, Mengenal Windows Server, hingga bermain dengan Mikrotik.

Saat berada di kelas 12, kalian akan lebih sering melakukan praktek dan bahan materi-nya dibangun sejak kelas 11. Hal ini guna menghadapi kesiapan UJIKOM dan juga kesiapan di dunia industri, jadi jangan sia-siakan kelas 10 dan 11.

Materi inti yang akan dipelajari


  • Cisco
  • Mikrotik
  • Wireless

Prospek Kerja Siswa TKJ


Dikutip dari laman idn.sch.id profesi dan pekerjaan siswa TKJ seperti berikut:

1. Network Designer


Sebagai Network Designer kalian diharuskan dapat membuat rancangan sebuah jaringan, mulai dari topologi jaringan (bentuk jaringan), biaya keseluruhan, konfigurasi yang tepat hingga model keamanan dalam berselancar di jaringan tersebut.Selagi belajar di Sekolah saya berpesan jangan mengantuk dan bosan untuk mempelajari aplikasi Cisco Packet Tracer.


2. Network Engineer


Tugas utama seorang network engineer adalah menangani sebuah jaringan baik dalam skala kecil atau pun skala besar, Anda dituntut untuk memiliki ketenangan, logika tinggi, pemahaman mendalam mengenai Cisco dan Mikrotik hingga kemampuan memecahkan masalah.

3. Network Operating Center


Melakukan monitoring dan maintenance (perbaikan) adalah tugas seorang engineer dalam bagian Network Operating Center, sebuah jaringan tidak akan berjalan dengan baik selamanya. Ada kalanya terjadi gangguan dapat disebabkan bencana alam, human error, dan cyber crime. Maka diperlukan lah pemantauan secara rutin agar dapat diatasi secepat mungkin.

Apabila dirinci lagi, maka prospek siswa TKJ cukup banyak seperti:
  1. IT Support
  2. Network Administrator
  3. Service Komputer
  4. Usaha Warung Internet (warnet)
Terlebih lagi sekarang perusahaan yang memerlukan tenaga kerja pada bidang jaringan sangatlah banyak, sebut saja Telkom Indonesia sebagai perusahaan jaringan internet terbesar saat ini.

Selain bisa langsung mendapat pekerjaan, kalian juga bisa melanjutkan ke tingkat kuliah masuk ke fakultas Teknik Elektro dan Informatika atau jika hanya ingin mengambil D3 sebagai Ahli Madya maka lanjutkan ke fakultas Teknik Komputer.

Inilah pembahasan artikel mengenai Teknik Komputer dan Jaringan: Pengertian dan Prospek Kerja semoga dapat membantu dan memberikan gambaran untuk kalian yang ingin melanjutkan ke SMK jurusan TKJ.

0 Comments

Posting Komentar

Tulislah komentarmu dengan sopan, santun, dan penuh tanggung jawab!