Volume 21 Menjadi Akhir dari Seri Light Novel Hataraku Maou-sama!

Last volume Hataraku Maou-sama

Kamu pernah menonton anime reverse isekai? Yaitu cerita makhluk dunia lain yang pergi ke dunia manusia, singkatnya kebalikan dari tema isekai pada umumnya. Nah, jika belum saya rekomendasikan untuk menonton anime berjudul Hataraku Maou-sama! akrab juga disebut 'Raja Iblis Magang!'.

Hataraku Maou-sama! merupakan anime hasil dari adaptasi Light Novel yang diterbitkan oleh Dengeki Bunko, seri anime memulai debutnya pada 4 April 2013 dengan total 13 episode dan diproduksi oleh studio White Fox. Selain seri anime, Hataraku Maou-sama juga mendapat adaptasi manga.

Cerita anime Hataraku Maou-sama! menurut saya pribadi masih belum mencapai klimaks dan belum sepenuhnya mengungkap dunia Ente Isla, jadi sangat disayangkan sekali bilamana tidak mendapat sekuel jika melihat dari jumlah volume seri Light Novel saat ini.

Volume 21 Menjadi Akhir Cerita Hataraku Maou-sama!


Melalui edisi terakhir Majalah Dengeki Bunko pada 25 April mengungkap seri Light Novel Hataraku Maou-sama! yang ditulis oleh Satoshi Wagahara akan berakhir dalam volume ke-21 di musim panas tahun ini. Volume novel ringan ini telah mencapai volume ke-20 yang dirilis tanggal 7 Desember kemarin.

Cover Volume ke-21 Hataraku Maou-sama!
Sumber: Majalah Dengeki Bunko edisi Mei (versi digital) via Yaraon!

Bebeb Emi dah gendong anak aja nih, kamu kapan? Selain adaptasi menjadi anime seri novel ringan Hataraku Maou-sama! juga diadaptasi menjadi manga dengan judul yang sama.
Anak yang digendong Emi Bernama Alas Ramus, dia bukan anak antara Maou dan Emi melainkan bagian dari Pecahan Yesod, tapi menganggap mereka berdua adalah Ayah dan Ibu. Jadi, untuk tim Chiho kalem dulu aja.

Sinopsis:

    Setelah dipukul habis-habisan oleh pahlawan Emilia, Raja Iblis dan jendralnya terpaksa mundur dengan tergesa-gesa ke dunia paralel dan berakhir mendarat di tengah-tengah keramaian kota Tokyo! Kurang memiliki mana yang diperlukan untuk kembali ke asalnya, Raja Iblis dan jenderalnya dipaksa untuk memalsukan identitas sebagai manusia dan menjalani kehidupan rata-rata manusia sampai mereka dapat menemukan solusi yang lebih baik. Dan untuk memenuhi kebutuhan, Raja Iblis menemukan pekerjaan yang menguntungkan di tempat makanan cepat saji di dekatnya!

Pastinya harapan musim kedua untuk seri anime semakin besar, entah nanti akan diproduksi oleh studio mana yang jelas cerita Hataraku Maou-sama memiliki keunikan tersendiri di tengah-tengah maraknya karakter yang masuk isekai ini malah sebaliknya.

Bila kamu berminat menonton anime bertema reverse isekai, saya merekomendasikan Hataraku Maou-sama! dan Re:Creators.

Kesimpulan

Seri novel ringan Hataraku Maou-sama! karangan Satoshi Wagahara akan berakhir di volume ke-21 pada musim panas tahun 2020. Semoga pengumuman adaptasi musim kedua seri animenya juga cepat menyusul.