11 Kekkei Genkai Elemen Terkuat Yang Pernah Ada Di Film Naruto


Sempat ramai pada masanya, Kekkei Genkai menjadi pembahasan menarik dalam film Naruto. Kekkei Genkai sejatinya merupakan kemampuan unik yang hanya dimiliki seseorang dalam garis keturunan tertentu, seperti Sasuke mewarisi Sharingan yang hanya dimiliki keluarga Uchiha dan Hinata yang mewarisi mata Byakugan karena berasal dari keluarga Hyuga.

Pembahasan Kekkei Genkai ini sempat ramai saat memasuki chapter penebusan dosa Sasuke, saat bertemu dengan pemilik mata Ketsuryuugan dari klan Chinoike yang sempat meneror Konoha.

Tetapi pada kali ini saya akan mengajak Anda untuk membahas Kekkei Genkai Elemen yang merupakan elemen baru yang tercipta dari penggabungan dua elemen berbeda. Seperti elemen kayu miliki Yamato dan elemen peledak milik Deidara.


Kekkei Genkai Elemen adalah sebuah elemen baru yang tercipta dari hasil penggabungan dua unsur elemen dasar (elemen dasar : air, api, tanah, angin, petir) atau juga bisa dengan memanipulasi elemen yang dimiliki menjadi sebuah elemen baru.

Pernah ada suatu episode Naruto, dimana saat itu Naruto mencoba menemukan elemen dasar yang dimilikinya. Dan jika tidak salah Kakashi pernah menjelaskan bahwa ada sebagian orang memiliki dua elemen dasar dan mereka memanipulasi elemen dasar tersebut sehingga terciptalah elemen baru atau disebut Kekkei Genkai Elemen.

11 Kekkei Genkai atau Elemen Baru yang pernah ada di Film Naruto


1. Elemen Peledak (Bakuton)
Dediara pengguna elemen peledak
Deidara

 "Seni adalah ledakan" teman-teman pasti mengetahui kalimat dalam tanda petik tersebut, siapa lagi kalau bukan Deidara. Jutsu-jutsu deidara identik dengan ledakan yang dibuat dalam sebuah seni dari tanah liat buatan tangannya sendiri.

Elemen Peledak tercipta dari  penggabungan elemen tanah dan petir (doton dan raiton), elemen ini mampu digunakan dalam berbagai jenis serangan bisa digunakan dengan kombinasi Taijutsu atau Bukijutsu / teknik senjata dan media lain seperti yang digunakan Deidara.

2. Elemen Kayu (Mokuton)
Yamato pengguna elemen kayu
Yamato

Salah satu elemen unik yang sangat langka, pengguna paling terkenal adalah Hokage Pertama, Hashirama Senju. Elemen Kayu tercipta dari penggabungan elemen tanah dan air.

Saking langkanya pengguna Mokuton dan karena memiliki teknik-teknik kelas tinggi, ada beberapa orang yang melakukan eksperimen untuk mendapat elemen ini. Seperti Madara dan Orochimaru, sampai saat ini pengguna Mokuton yang masih hidup adalah Yamato, ia sendiri merupakan hasil eksperimen sukses Orochimaru yang ditemukan Danzou.

3. Elemen Lava (Youton)
Mei Terumi pengguna elemen lava
Mei Terumi

 Sosok Mizukage Kelima, Mei Terumi memiliki elemen lava atau youton. Umumnya elemen lava adalah hasil gabungan api dan tanah. Bentuknya dapat padat dan juga cair. Bentuk Youton yang dimiliki Mei Terumi adalah cair. Hebatnya Mei Terumi memiliki 4 elemen dasar yang berbeda yaitu tanah, air, api, dan petir. Namun sayangnya dia masih belum mendapat jodoh hingga tua.

4. Elemen Badai (Ranton)
Black Panther jutsu milik Darui
Black Panther, jutsu milik Darui

 Sang Godaime Raikage, Darui adalah pengguna elemen badai yang paling terkenal. Pengguna dapat membuat serangan berwujud sinar laser dengan daya dorong kuat ditambah kecepatan tinggi guna mementalkan target dari jarak jauh dan juga bisa memotong benda keras seperti logam.

5. Elemen Kegelapan (Meiton)
Hiruko pengguna elemen kegelapan
Hiruko

 Baca namanya keren banget ya kan? Dalam seri Naruto, hanya Hiruko yang mampu menggunakan elemen kegelapan, bahasa kerennya "dark release". Hiruko ini berasal dari Naruto Shippuden The Movie : The Will Of Fire.

Hiruko adalah orang yang pernah mengendalikan Kakashi layaknya Boneka di seri Movie. Kemampuan dari Kekkei Genkai ini dapat menyerap, memanipulasi, dan melepaskan chakra yang diambil dari lawan. Hiruko menggunakan teknik ini melalui sebuah tanda di tangan kirinya.

Masih tidak diketahui elemen dasar yang melahirkan Meiton ini, karena Hiruko sejak lahir tidak memiliki kemampuan elemen apapun. Dia menggunakan teknik chimera (teknik chimera adalah kinjutsu yang akan memungkinkan menggunanya mendapat kekkei genkai dengan menggabungkan tubuh ninja lain dengan tubuh dirinya).

6. Elemen Penghangus (Shakuton)
jutsu gabungan Sasuke dan Naruto
Shakuton Kourin Shippu Shikkoku no ya Zeroshiki

 Gabungan dari elemen api dan angin, pengguna Kekkei Genkai ini memiliki kemampuan api yang lebih berbahaya ketimbang pengguna api lainnya. Karena elemen api ini digabungkan dengan elemen angin yang membuatnya menjadi lebih besar dan kuat.

Naruto dan Sasuke pernah menggabungkan kedua elemen mereka, 2 jutsu bernama Enton Kagutsuchi dan Fuuton Rasenshuriken. Kemudian diberi nama oleh Minato "Shakuton Kourin Shippu Shikkoku no ya Zeroshiki" pemberian nama ini dilakukan saat perang dunia ke-4 menghadapi Madara.

7. Elemen Kristal (Shouton)
Guren pengguna elemen kristal
Guren

 Elemen Kristal bukanlah penggabungan elemen berbeda, melainkan hasil dari manipulasi elemen tanah. Penggunanya adalah Guren, salah satu anak buah Orochimaru. Pengguna elemen ini mampu mengubah bentuk dan fungsi kristal itu menjadi serangan ataupun pertahanan. Elemen kristal atau Shouton dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan "Crystal Release". Elemen ini termasuk elemen yang sangat langka.

8. Elemen Baja (Kouton)
Hiruko pengguna elemen Baja
Hiruko

 Tidak diketahui elemen dasar pembentuknya, kouton dimiliki oleh Hiruko. Pengguna elemen ini dapat membuat tubuhnya menjadi sekeras baja.

Jika dipikir secara fisika baja tercipta dari campuran besi dan karbon, dimana besi tercipta dari bijih besi yang sumbernya dari tanah begitu juga dengan karbon. Jadi bisa dikatakan elemen Baja tercipta dari manpulasi elemen tanah.

9. Elemen Magnet (Jiton)
Pengguna elemen Magnet
Kazekage keempat

 Elemen ini mengubah cakra menjadi gaya magnet dan suatu objek menjadi magnet. Tercipta dari penggabungan elemen angin dan tanah, pengguna Jiton cukup banyak, diantaranya ada Kazekage dan Shinki yang mampu memanipulasi dan mengendalikan pasir besi. Kazekage Ke-4 dengan pasir emasnya lalu Toroi yang mampu membuat tubuh seseorang menjadi medan magnet.

 10. Elemen Es (Hyoton)
Haku Pengguna elemen es
Haku

 Pengguna paling umum adalah Haku, saya yakin Anda pernah mengira Haku adalah wanita. Pengikut setia Zabuza ini memiliki Kekkei Genkai Es yang merupakan gabungan dari elemen air dan angin. Penggunanya akan mampu mentransformasi (melakukan perubahan) chakra elemen dasar yang dibutuhkan menjadi elemen es.

11. Elemen Uap (Futton)
 Gabungan dari elemen api dan angin, mudahnya jika air dipanaskan akan meningkatkan suhu air sehingga timbulah uap. Dengan memanfaatkan reaksi tersebut elemen ini biasa digunakan dalam ruangan tertutup, ilustrasinya saat Anda memanaskan air dalam panci, tujuannya agar lebih berefek kepada taget. Penggunanya adalah Mei Terumi.

Mei pengguna elemen Uap
Mei Terumi
Inilah beberapa informasi Kekkei Genkai yang saya dapat beberapa tahun lalu dari fanspage facebook bernama "The Naruto Indonesia".

Kekkei Genkai ini memang dapat membuat suatu teknik yang kuat bagi penggunanya, namun bila tidak memiliki keterampilan Kekkei Genkai akan sulit dikuasai dan mungkin malah melemahkan pengguna jika dia memaksakannya.

Contohnya penggunaan elemen uap, logikanya adalah air dipanaskan oleh api. Tapi jika elemen air lebih dominan maka penggabungan elemen api tidak akan berefek  sama sekali.

referensi : naruto.fandom.com