Mengatur Konfigurasi IP Address Static Di PC Windows 10


otakuline.net - Setting Konfigurasi IP Address komputer dilakukan agar terhubung dengan jaringan dalam segmen tertentu, dalam mengatur alamat IP suatu perangkat pastilah memiliki tujuan agar dapat saling terhubung dan berkomunikasi. Ntah itu berbagi data/sharing data, sharing printer, atau pun terhubung ke internet, langkah pertama dari semuanya adalah melakukan kofigurasi alamat IP.

Dalam pembelajaran siswa/i kejuruan TKJ Anda diharuskan untuk bisa melakukan konfigurasi IP sejak kelas 10, karena bermain dengan IP Address akan terus Anda lakukan mulai dari kelas 10 hingga masuk dunia industri.

Pada kasus kali ini kita akan menghubungkan PC Windows 10 dengan internet menggunakan konfigurasi secara static, sebelumnya telah terhubung secara dynamic melalui tethering USB dan kita akan mengubahnya menjadi static. Berikut adalah cara setting konfigurasi IP Address Static di Windows 10 :


Konfigurasi IP Address di PC Windows 10


Penting : Lihat dan Catat alamat IP, Gateway, dan DNS yang diberikan ISP!

Lihat dan catatlah terlebih dahulu alamat IP, Gateway, dan DNS yang diberikan oleh Internet Service Provider. Karena kasusnya mengunakan tethering USB maka kita tidak bisa menggunakan alamat IP secara acak, alamat IP Anda harus mengikuti apa yang telah ISP tentukan. Untuk melihat IP Address, Gateway, dan DNS dari ISP silahkan ikuti langkah-langkah berikut :


1. Klik kanan pada icon network di windows 10, posisinya berada di daerah taskbar pojok kanan bawah.

2. Klik 'Open Network & Internet Setting' dan Anda akan diarahkan pada halaman baru bernama Status.


3. Pada halaman tersebut pilihlah 'Change Adapter Options', Anda akan diarahkan pada halaman Network Connections yang berisi daftar jaringan pada komputer, pada tiap-tiap jaringan yang ada Anda bisa melihat jaringan mana yang sedang digunakan oleh komputer, biasanya jaringan yang sedang digunakan komputer tidak memiliki tanda silang/unplugged.


4. Pada kasus ini saya menggunakan jaringan dengan nama Ethernet 3, double klik Ethernet 3 kemudian klik Details dan informasi mengenai alamat IP akan ditampilkan. Silahkan catat, ingat, atau screenshot tiga alamat yang akan kita gunakan dalam melakukan konfigurasi IP secara static adalah, IP Address, IP Gateway, dan IP DNS.


5. Setelah ketiga IP pada langkah nomer 4 dicatat, sekarang Close tab details dan arahkan pada Properties. Anda akan diarahkan pada sebuah tab menu Ethernet Properties kemudian pilihlah dengan mengklik satu kali Internet Protocol Version 4 kemudian klik Properties.


6. Langkah terakhir, ubah radiobox menjadi berada pada Use the following IP Address dan isikan alamat IP, Gateway, dan DNS yang telah Anda catat ditahap ke-4. Untuk bagian Subnet Mask akan terisi secara otomatis tergantung pada IP Class yang digunakan atau cukup dengan menekan tombol Tab di keyboard secara langsung setelah mengisikan IP Address, jangan lupa klik OK.

Isikan Alternate DNS Server dengan alamat DNS milik Google 8.8.8.8 fungsinya untuk mencegah apabila DNS utama (Preferred DNS) mengalami gangguan/down maka akan dialihkan pada Alternate DNS.

Cara Setting IP Address Windows 10 secara static sangat mudah untuk dilakukan, apabila menggunakan kabel jaringan dan terhubung langsung dengan komputer server yang pertama perlu Anda lakukan tetaplah sama yakni mengetahui alamat IP komputer server kemudian menjadikan alamat IP tersebut sebagai Gateway dan Preferred DNS, tentu saja alamat IP yang akan Anda gunakan haruslah dalam jaringan/kelas IP yang sama.

Untuk menjadi Administrator Jaringan anak TKJ juga belajar membuat DNS (Domain Name Server), penjelesan sederhananya mengubah IP Address menjadi sebuah nama seperti Facebook.com agar mudah diingat oleh manusia, sebab mengingat deretan angka (alamat IP) terbilang merepotkan.