Cara Mudah Konversi Bilangan Biner ke Desimal dan Sebaliknya


Cara Mudah Konversi Bilangan Biner ke Desimal dan Sebaliknya - Di era serba digital, dimana penggunaan mesin komputer semakin marak digunakan kita dikenalkan dengan sebuah bilangan baru bernama bilangan biner.

Binary digit code atau bilangan biner adalah bilangan yang menggunakan bilangan basis 2 serta sebuah metode penulisan angka menggunakan simbol 0 dan 1, dapat diartikan nol adalah salah dan satu adalah benar (0=false dan 1=true). Contoh mudah yang sering kita temukan yakni dalam melakukan subnetting IP Address.


Agar bilangan biner bisa dimengerti dengan mudah oleh manusia maka dilakukanlah konversi biner ke desimal, konversi yaitu perubahan dari suatu sistem ke sistem lain tanpa mengubah nilai yang dimilikinya. Dalam ilmu sastra mungkin disebut sebagai terjemah karena tidak mengubah makna sesungguhnya.

Cara pertama, melalui internet

Tak perlu repot menghitung atau corat-coret, kamu cukup memasukkan angka biner ke kolom yang telah disediakan oleh beberapa website di internet.

Konversi biner ke desimal online

Website: coding.tools/id/binary-to-decimal


Cara pertama sangatlah mudah, untuk mencari website tersebut kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci "konversi biner ke desimal online" di Google dan akan muncul deretan web yang menyediakan fasilitas konversi biner, tidak hanya ke bilangan desimal kita juga bisa mengkonversinya ke sistem bilangan lain seperti oktal atau hexa.

Di Website coding.tools memiliki tampilan antarmuka yang mudah dimengerti, bahkan saat kamu ingin mengkonversi sebaliknya yaitu konversi bilangan desimal ke biner cukup klik Pertukaran Lokasi kemudian isikan angkanya.

Sangat mudah bukan?

Cara kedua, menggunakan tabel bilangan biner

Cara menghitung biner ke desimal untuk urutan cara kedua adalah menggunakan bentuk umum dari bilangan biner dan desimal. Karena biasanya bilangan biner ditulis dalam 1 byte yang berisi 8 binary digit code (8 bit) maka saya menyebut cara kedua sebagai cara 8 bit.

Perhatikan tabel bentuk umum bilangan biner dan desimal di bawah.
Biner 1 1 1 1 1 1 1 1 11111111
Desimal 128 64 32 16 8 4 2 1 255
Maka apabila diketahui bilangan binernya adalah 11000011, kita hanya perlu memasukkan deretan angka tersebut ke tabel, masukkan angka dari kanan ke kiri.
Desimal 128 64 32 16 8 4 2 1
Biner 1 1 0 0 0 0 1 1
Sekarang tinggal jumlahkan angka desimal yang memiliki simbol 1, maka diperoleh 128+64+2+1=95. Jadi hasil dalam bentuk desimalnya adalah 95.

Begitupun sebaliknya, untuk contoh konversi bilangan desimal ke biner perhatikanlah soal di bawah.

Diketahui bilangan desimal bernilai 77 ubahlah ke bilangan biner!

Jika ingin menggunakan cara ini kamu hanya perlu menuliskan simbol pada nilai desimal yang membentuk nilai 77.
Desimal 128 64 32 16 8 4 2 1
Biner 0 1 0 0 1 1 0 1
64+8+4+1=77

Jika bilangan desimalnya adalah ganjil, seperti 77 dapat dipastikan simbol atau angka paling kanan adalah 1.

Demikianlah cara mudah konversi bilangan biner ke desimal dan sebaliknya, sebenarnya ada cara ketiga. Akan tetapi, saya yakin teman-teman telah mengetahui cara ketiga tersebut, yaitu untuk mengubah desimal ke biner menggunakan pembagian bentuk pohon faktor dengan patokan terus dibagi 2.


Sedangkan untuk mengubah biner ke desimal dikalikan angka 2 dimulai dari 2^0 (dua akar 0), 2^1 (dua akar 1), dan seterusnya.

0 Comments

Posting Komentar

Tulislah komentarmu dengan sopan, santun, dan penuh tanggung jawab!