Apa itu Personal Area Network? Pengertian dan Contohnya

Headphone Bluetooth is a Personal Area Network

Tanpa disadari sebenarnya kita telah sering melakukan implementasi Personal Area Network dalam kehidupan sehari-hari, seperti menyalakan televisi, AC, dan mendengarkan musik menggunakan earphone nirkabel.

Personal Area Network atau akrab kita singkat PAN merupakan bentuk komunikasi pribadi yang terjadi dalam jarak begitu dekat, umumnya hanya berkisar 10 meter. Jika kita terjemah dapat memiliki arti "Wilayah Jaringan Pribadi" dimana ruang lingkupnya jauh lebih kecil dibanding jaringan lain.

Pengertian Personal Area Network

Personal Area Network adalah komunikasi yang terjadi antara satu perangkat jaringan dengan perangkat lainnya dalam jarak yang dekat, hanya beberapa meter saja.

Secara spesifik PAN merupakan titik akses berbagai perangkat pribadi berupa komputer, laptop, smartphone, televisi, sistem keamanan rumah berbasis data maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.


Konsep PAN pertama kali dikembangkan oleh Thomas Zimmerman dan peneliti lain di Media Lab M.I.T dan kemudian didukung oleh lab riset Almaden IBM. Dalam sebuah makalah penelitian, Zimmerman menjelaskan mengapa konsep itu mungkin berguna seperti berikut:

"Ketika perangkat elektronik menjadi lebih kecil, persyaratan daya lebih rendah, dan lebih murah, kita mulai menghiasi tubuh kita dengan informasi pribadi dan peralatan komunikasi. Perangkat semacam itu termasuk telepon seluler, asisten digital pribadi (PDA), video game, dan pagers. Saat ini tidak ada metode untuk perangkat ini untuk berbagi data. Jaringan perangkat-perangkat ini dapat mengurangi redundansi I/O fungsional dan memungkinkan kenyamanan dan layanan baru."

Contoh Personal Area Network

Contohnya adalah headphone yang telah mendukung fitur bluetooth, ketika smartphone akan dihubungkan ke headphone, maka telepon pintar akan melakukan pencarian serta penyesuaian dengan perangkat yang dituju. Kemudian, terjadilah proses menyandingkan/menjodohkan antar perangkat, setelah mendapat izin dan akses barulah pengiriman data terjadi.

Analogi untuk proses menyandingkan dalam PAN adalah pernikahan antara satu laki-laki dan wanita, sebelum mereka berinteraksi lebih jauh haruslah ada pernyataan sah secara tertulis bukan? Begitu pula Personal Area Network, harus mendapat izin dan akses terlebih dahulu.


Contoh terakhir ini mungkin akan lebih jelas, pastinya kamu pernah berbagi data melalui bluetooth atau aplikasi bernama Share-it? Nah, sebelum proses pengiriman data terjadi kamu harus melakukan proses menyandingkan, baik itu berupa password atau menyamakan angka. Kemudian, barulah kamu bisa menerima data yang dikirim.

Adapun beberapa alasan mengapa banyak penggunaan Personal Area Network dapat dilihat dari kelebihannya:
  1. Tidak memerlukan kabel
  2. Mudah digunakan
  3. Biaya sangat terjangkau
  4. Mudah dalam perawatan
  5. Lebih efisien
Demikianlah materi mengenai pengertian Personal Area Network dan contohnya yang dapat saya paparkan, kurangnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.

0 Comments

Posting Komentar

Tulislah komentarmu dengan sopan, santun, dan penuh tanggung jawab!