Cara Menambah Partisi Hardisk Komputer Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga


Disini kita akan mengulas bagaimana cara menambah partisi hardisk tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, jadi aplikasi pihak ketiga itu merujuk pada program yang didapat dari luar alias bukan bawaan sistem operasi yang tentunya membuat repot karena harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Sebelum melakukan pembagian partisi, Anda harus mengetahui alasan utama membagi partisi pada hardisk tersebut. Memang benar, membagi partisi hardisk tidak memiliki resiko besar namun lain ceritanya bila membagi hardisk yang telah terisi penuh maka harus dilakukan backup kemudian format terlebih dahulu, bika hardisk tersebut terisi penuh biasanya diwarnai warna merah dengan free space 0 (nol).


Tapi tenang saja bila hardisk teman-teman menyisakan ruang kosong dengan jumlah puluhan GB atau ratusan hal ini masih bisa dilakukan, selama partisi yang akan dibuat tidak melebihi jumlah ruang kosong.

Cara Menambah Partisi Hardisk Tanpa Aplikasi


Pastikan terlebih dahulu nama drive letter(C, D, E, F, dst) dari disk yang akan dibagi partisinya. Disini saya akan membagi partisi disk dengan drive letter D, lihatlah gambar. Saya akan membagi disk tersebut dengan partisi disk barunya 15GB.

Ikuti langkah berikut :
  • Bukalah device manager, dengan cara buka windows explorere dan arahkan pada sidebar bagian kiri dan klik kanan pada Computer lalu pilih manage.


  • Maka akan muncul bagian Device Manager, sekarang arahkanlah pada bagian Disk Management, dibagian ini anda akan melihat seluruh hardisk beserta partisinya yang ada pada komputer/ laptop.


  • Ingatlah disk dengan drive letter mana yang ingin kita bagi, disini saya akan membagi disk dengan drive letter D, maka klik kanan pada disk tersebut kemudian pilih shrink.


  • Anda akan diarahkan pada detail jumlah memori disk tersebut, saya akan menjabarkan maksud saya memberi garis dengan warna berbeda-beda pada bagian ini.


    Garis merah merupakan total memori hardisk, dalam garis biru merupakan jumlah max memori yang dapat kita bagi, garis hijau merupakan tempat dimana kita memasukan jumlah memori untuk partisi baru, dan terakhir adalah dalam garis kotak orange menunjukkan jumlah sisa partisi disknya, singkatnya warna orange itu hasil pengurangan kotak merah dan hijau.


  • Tentukanlah jumlah disk pada partisi baru dibagian ‘enter the amount of space . . .’, ingatlah untuk tidak melebihi ‘size available shrink...’. Jika sudah klik shrink.


  • Akan muncul partisi baru dengan nama unallocated space, itu adalah hasil dari yang kita lakukan. Sekarang klik kanan pada unallocated space tersebut dan pilhlah ‘New Simple Volume’ ini agar partisi yang kita buat muncul.


  • Anda akan diarahkan pada bagian New Simpe Volume Wizard, klik saja next dan biarkan jumlahnya default kemudian klik next lagi, seperti gambar berikut.


  • Assign the following drive letter, ini terserah Anda ingin menandai partisi disk baru ini dengan abjad apa, kemudian klik next lagi.


  • Ada dua pilihan pada gambar dibawah, pilihlah ‘Format this volume . . .’, untuk bagian File System dan Allocation unit size biarkan saja, jika memang perlu maka berikanlah nama dibagian Volume label dan klik next dan terakhir klik finish.


  • Selesai.
  • Tunggu beberapa saat dan keluarlah dari Device Manager, sekarang bukalah windows explorer dan lihat apakah partisi disk baru telah muncul. Kalau punya saya sih berhasil ya, seperti screenshot dibawah ini.


    Warna garis orange digunakan sebagai tanda sisa dari partisi lama, dan warna merah sebagai partisi disk baru yang baru saja kita buat.



    Itulah Cara Menambah Partisi Hardisk Tanpa Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga, semoga berhasil. Sekarang giliran anda mencoba dan saya ucapkan Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.