Hardware Komputer: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Perangkat Keras Komputer

Komponen CPU

Perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang dimiliki suatu komputer, jika satu komponen fisik penyusun komputer tidak ada maka dapat dipastikan komputer tidak akan berjalan dengan semestinya. Contoh perangkat keras komputer paling dibutuhkan adalah power supply, tanpa power supply komputer tidak akan bisa menyala karena tidak memiliki arus listrik.

Dalam materi merakit komputer siswa TKJ harus terlebih dahulu mengetahui komponen fisik penyusun sebuah komputer, hardware komputer di kelompokkan dalam tiga jenis sesuai dengan fungsinya. 

Pengertian Hardware Komputer


Hardware atau perangkat keras komputer secara umum diartikan sebagai kumpulan komponen fisik yang menyusun suatu komputer agar bisa berjalan sebagaimana mestinya. Mudahnya hardware adalah komponen yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung seperti Monitor.

Perangkat keras sangatlah penting terlebih lagi bagian perangkat yang membentuk CPU, jika tidak ada satu saja komponennya maka komputer tidak akan berjalan lancar dan memunculkan peringatan bahwa ada suatu komponen yang kurang atau rusak biasanya ditandai dengan bunyi beep. Selain hardware, komputer dapat dikatakan berjalan dengan lancar apabila terdapat software dan brainware. Ketiga hal tersebut saling berkaitan dalam proses berjalannya komputer.

Macam Jenis, Fungsi dan Contoh Perangkat Keras Komputer


Perangkat keras komputer terbagi atas 3 jenis berdasarkan fungsi dan contohnya adalah:

1. Input Devices


Computer Mouse

Input Device merupakan kumpulan perangkat keras komputer yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah pada komputer, data yang di input kemudian akan diolah dalam suatu proses. Contoh hardware input device beserta fungsinya adalah:

a. Keyboard
Keyboard merupakan papan ketik yang terdiri dari tombol-tombol, dimana setiap tombol tersebut telah dikodekan menjadi sandi biner sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Dilihat dari jenis konektornya keyboard terbagi atas keyboard serial, PS/2, wireless dan USB.

b. Mouse dan Touchpad
Sama seperti namanya, bentuk mouse memang mirip dengan tikus. Mouse sendiri berfungsi untuk menggerakkan cursor/anak panah yang terdapat pada komputer sehingga mempermudah dalam melakukan perintah pemilihan karena berbasis GUI. Memiliki tombol scroll, dan dua opsi pemilihan kanan dan kiri.


c. Mikrofon
Dalam penyusun komputer sebenarnya mikrofon tidak terlalu dibutuhkan akan tetapi seiring perkembangan zaman kini sistem operasi mendukung perintah suara, dikenal dengan 'Windows Speech Recognition'. Fungsi dari mikrofon sendiri adalah untuk mengubah suara menjadi sinyal listrik dan alat ini memerlukan tunjangan lain berupa sound card. By the way, sekarang tiap motherboard dapat dipasang mikrofon tanpa perlu sound card. 

d. Kamera Digital
Sudah tidak asing lagi menggunakan WebCam atau Handycam terutama para Content Creator di berbagai media sosial, kedua benda tersebut merupakan kamera digital dengan fungsi untuk mengubah objek 3 dimensi menjadi data digital.

e. Scanner
Memiliki fungsi yang sama seperti kamera digital, hanya saja Scanner merubah objek 2 dimensi berupa gambar atau teks pada suatu media (biasanya kertas) kemudian diolah dan dimasukkan menjadi data. Contohnya bar code scanner.

2. Processing Devices


Motherboard Computer

Hardware komputer yang termasuk dala Processing Devices merupakan perangkat pemrosesan berjalannya suatu komputer yang berarti Processing Devices adalah bagian dari Computer Processing Unit. Seperti yang telah disebutkan, jika salah satu komponen penyusun CPU ini tidak ada maka komputer tidak akan bisa berjalan sebagaimana mesrtinya.

a. Motherboard
Sesuai dengan arti namanya yakni papan induk, Motherboard berfungsi untuk menampung berbagai komponen processing devices lainnya agar dapat bekerja dan juga menerima daya listrik yang masuk dari power supply secara langsung. Banyak sekali perangkat keras yang terhubung pada Motherboard seperti prosesor, ram, vga, NIC, sound card, hardisk, dan sebagainya.

b. Prosesor
Prosesor merupakan komponen yang dipasang pada motherboard, prosesor memiliki peranan penting dalam berjalannya komputer. Prosesor berfungsi untuk melakukan proses aritmetika dan logika secara cepat, salah satu perusahaan prosesor paling populer dan terus bersaing adalah Intel dan AMD.

c. Memori RAM dan ROM
Kedua jenis perangkat ini memiliki fungsi berbeda dari kepanjangannya sendiri telah dijelaskan, RAM adalah Random Access Memory sedangkan ROM adalah Read Only Memory. Pada dasarnya kedua perangkat ini memiliki fungsi yang sama untuk menyimpan data, tetapi memiliki sifat berbeda. ROM ialah memori yang hanya dapat menyimpan data satu kali dan tidak dapat diubah sebab itulah diberi nama Read Only, berbeda dengan RAM dapat dibaca secara acak dan datanya dapat diubah-ubah.


d. VGA Card
Video Graphic Adapter Card merupakan sebuah perangkat keras tambahan yang diperlukan untuk mengolah grafis, umumnya hanya digunakan untuk mengolah data dan menampilkan-nya di monitor. Tetapi seiring perkembangan teknologi, kartu grafis kini memiliki mikro-processor sendiri yang bertugas untuk mengolah grafis sehingga tidak membebani mikro-processor utama. Hal ini lah yang menyebabkan semakin menariknya tampilan komputer, bertambahnya warna serta dapat memberikan efek 3 dimensi.

e. Sound Card
Perangkat keras satu ini memiliki fungsi untuk mengolah data berupa suara, baik berupa suara masuk atau juga suara keluar.

f. Power Supply
Perangkat keras yang terdiri dari perangkat elektronik dan digunakan untuk memberikan pasokan daya listrik pada setiap komponen CPU. Power Supply memiliki 2 jenis, ada AT dan ATX tentunya kedua jenis tersebut terdapat perbedaan dan yang paling unggul adalah jenis ATX karena memiliki manajemen daya listrik yang secara otomatis akan dikurangi ketika komputer tidak melakukan suatu proses.

3. Output Devices


Monitor Output Device Computer

Output adalah jenis perangkat keras yang berfungsi menampilkan suatu hasil atau proses yang sedang dilakukan. Sebagai contoh seperti mesin printer yang mengeluarkan hasil dari pengolahan data berupa gambar atau teks dalam media kertas.

a. Monitor
Berfungsi menampilkan hasil atau proses dari operasi yang dilakukan CPU sehingga dapat dilihat dan diamati langsung oleh pengguna.

b. Mesin Cetak
Perangkat keras dengan tugas mencetak hasil pengolahan data di berbagai media.

c. Speaker
Fungsinya untuk mengeluarkan suara dari proses yang komputer lakukan seperti mendengarkan musik.

Perangkat keras pada komputer terbilang sangat banyak dan juga memiliki fungsi yang beragam sesuai dengan jenisnya. Terdapat kekurangan pada artikel ini? Silahkan tulis pada kolom komentar untuk saling membantu melengkapi kekurangan, mengoreksi kesalahpahaman, dan berbagi ide.