Hati-hati! Jangan Sembarang Mencoba League of Legends: Wild Rift Versi Alfa

Ahri Skin League of Legends: Wild Rift

Sebuah permainan 5vs5 yang begitu dinantikan kehadirannya dalam perangkat mobile, yakni gim moba bernama League of Legends: Wild Rift telah merilis versi alfa secara khusus untuk beberapa pengguna di kawasan negara Filipina dan Brasil.

Akan tetapi, pemberitahuan tersebut tidak diacuhkan oleh pemain. Karena tidak sabar akhirnya tidak berpikir mengenai resiko, akibatnya banyak pemain dari negara kita sendiri mengunduh secara ilegal. Berarti ini menegaskan adanya pihak ketiga yang menyebar luaskan aplikasi dan juga pernyataan hanya pemain tertentu tidak 100% benar.

Beberapa YouTuber gim moba ponsel Indonesia mengunggah gameplay versi alfa League of Legends: Wild Rift, dari pernyataan mereka, ada yang menyatakan mendapat dari internet lebih tepatnya di web, ada juga yang menyatakan mendapat akun dari temannya yang tinggal di negara yang mendapat akses versi alfa.


Dari sudut pandang penulis pribadi tidaklah salah. Pasalnya dunia internet itu luas, informasi begitu cepat, dan bahasa kerennya no system is safe, mari kita gunakan pemisalan.

Tampilan utama League of Legends: Wild Rift Versi Alfa

Gambar diambil dari twitter @wildrift



Misalnya, Anda mengumumkan karya besar yang membuat orang-orang tak sabar ingin melihat dan merasakannya. Tetapi, untuk pengujian Anda hanya memberikan akses kepada orang tertentu. Sebagian orang yang tidak mendapat akses karena saking penasarannya akan melakukan berbagai cara sebab ingin masuk dalam deretan yang pertama kali mengenal karya Anda, dari sinilah semuanya mulai terjadi.

Menanggapi kejadian ini, melalui akun Twitternya League of Legends: Wild Rift memberikan peringatan agar tidak mengunduh aplikasi secara ilegal, sekalipun akses yang diberikan berupa giveaway, kode rahasia, dan transaksi gelap. Mereka menekankan hanya ada satu jalan untuk mengunduh Wild Rift, yaitu melalui Google Play Store.


Jadi, pesan dari saya setelah melihat ini. Hati-hati! Jangan sembarang mencoba League of Legends: Wild Rift versi alfa, karena secara sah mereka hanya memberikan akses kepada orang tertentu di kawasan Filipina dan Brasil. Alangkah baiknya menunggu hingga versi global benar-benar dirilis.


Beberapa akibat yang bisa saja kamu dapatkan apabila mencoba versi alfa tanpa akses sah seperti, akun e-mail Anda di blok oleh Riot, kemudian alamat IP, dan paling parah adalah saat kawasan Indonesia (seluruh pemain) benar-benar tidak akan mendapat akses bermain.

Kasus seperti ini juga dapat menjadi tolak ukur bagi Riot dari segi pemasaran, bisa diartikan League of Legends: Wild Rift akan sukses berkiprah di dunia gim ponsel dan mungkin saja menyingkirkan popularitas gim moba ponsel sekarang.