Mamako Oosuki, Emang Cocok Jadi Ibu?


Terus terang saja artikel bertema Waifu Hunter ini terinspirasi dari rubrik yang dimiliki website favorit saya, jurnalotaku.com. Disana pasti kamu tidak asing dengan Waifu Wednesday yang sering membahas karakter-karakter perempuan dari berbagai anime dan saya pun membuat tema yang sama dengan cara penyajian saya sendiri, berjudul "Waifu Hunter" jika diterjemah berarti pemburu istri fiktif, sungguh menghawatirkan.

Tsuujou Kougeki ga Zentai Kougeki de Ni-kai Kougeki Okaasan wa Suki Desu ka? berhasil membuat orang-orang mulai berpikir mengenai 'ibu', karena memang karakter ibu menjadi sosok pembeda dan memberi warna dalam ceritanya.

Profil



Mamako Oosuki adalah sosok ibu yang menemani karakter utama untuk berpetualang di isekai. Akan tetapi pemberian desain dan karakter dapat dikatakan tidak terlalu sesuai untuk sebagai ibu, terlebih lagi sifat beserta tubuh yang menyerupai onee-san. Tetapi hal tersebut ditutupi dengan pakaian yang ke ibu-ibuan.

Mamako adalah seorang wanita dengan tubuh cukup tinggi tapi lebih rendah dari anaknya dan memiliki penampilan terlihat lebih muda dengan dada menonjol dan pinggang yang begitu ramping. Dia memiliki rambut berwarna coklat bergelombang dan diikat.



Menggunakan gaun one-piece dengan atasan terbuka, memakai pelindung siku, sarung tangan dan juga memakai sepatu berbahan logam.

Sosok ibu tersebut diperankan oleh pengisi suara professional, yaitu Ai Kayano. Ia memulai debutnya pada tahun 2010, sudah banyak sekali karakter yang di isi olehnya dan beberapa karakter tersebut berasal dari anime ternama. Rata-rata Ai Kayano mengisi suara karakter perempuan muda.


Karakter ibu dalam cerita benar-benar mengalahkan posisi karakter utama, yakni anaknya sendiri bernama Oosuki Masato. Mulai dari tingkat kepopuleran, kemampuan, sifat, dan lainnya benar-benar mendominasi.


Karakter Ibu yang Imutnya Kebangetan


Memiliki sifat peduli, perhatian memang dibutuhkan untuk menggambarkan karakter Ibu. Akan tetapi Oosuki Mamako menurut Saya terlalu berlebihan, Saya rasa tidak perlu bertingkah laku atau memberikan ekspresi berlebih terhadap anak yang sedang berada di tangga kedewasaan.



Tetapi karena tema dan cerita yang dibawakannya memang demikian, mungkin untuk menunjukkan sosok lain seorang ibu dapat dimaklumi terlebih bagi kamu pasukan pecinta M*LF alias emak-emak, ibu dari anime ini dapat menjadi calon Waifu baru.

Selain itu, postur tubuh Mamako-san juga terlihat lebih muda dan fresh layaknya seorang virgin. Melihat visual yang menunjukkan mereka mandi bersama sudah seperti melihat pasangan romantis.




Really? umur dah gede mandi secara terbuka bareng Ibu? senyum-senyum lagi nying.

Serba Bisa


Dasarnya kemampuan seorang ibu adalah mengurus rumah tangga seperti memasak dan mengurus anaknya, tetapi ibu satu ini dapat melakukan beberapa pekerjaan lain. Contohnya kemampuan dia saat menggunakan dua pedang,  Kirito mah lewat.



Dengan kemampuannya, Mamako dapat melindungi kamu dengan mudah tapi ini tidak boleh sampai terjadi, karena kamu sebagai laki-laki akan merasa malu dan kehilangan harga diri apabila di lindungi oleh perempuan, jadi harus lebih kuat ya.

Skill Khususnya Bikin Rese


Mamako juga memiliki kemampuan atau skill khusus yang hanya dimiliki olehnya sebagai seorang ibu, deretan skill tersebut adalah:

  • Mother Fang - kemampuan untuk mencari dan menemukan anaknya menggunakan pedang suci yang ia miliki.
  • Motherly Light - kemampuan khusus seorang ibu yang dapat membuat tubuhnya memancarkan cahaya.
  • Mother's Sharing - keterampilan khusus ibu untuk melindungan party-nya  dari efek status negatif.
  • Mother's Breath - skill untuk meningkatkan keberhasilan dalam membuat barang.
  • Mother's Words - kemampuan yang dapat memanggil perasaan para ibu di seluruh dunia.
  • Mother's Headpat - kemampuan untuk membuat atau menenangkan apa pun dan siapa saja.
  • Mom Says No! - kemampuan utama dari Mamako.

Kalau kamu beneran ingin menjadikannya sebagai Waifu, benar-benar harus siap menghadapi segala-galanya terlebih lagi kemampuan utamanya untuk menolak keinginanmu.


Meskipun dapat dikatakan multi-talenta dan kuat, pengetahuannya tentang dunia modern atau games sangatlah kurang. Hal tersebut dibuktikan saat dia bertanya mengenai maksud dari 'akun' karena tidak mengetahuinya lagi-lagi Mamako menunjukkan ekspresi yang tidak biasa.




Cerdas


Tak punya tempat untuk menyimpan buku atau barang-barang kecil yang berharga? tenang Mamak dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah, dia benar-benar cerdas.



Ketimbang Ibu, Mamako-san lebih layak menjadi pasangan hidup kelakuan dan tubuhnya dapat menjadi alasan kenapa dia pantas dijadikan Waifu.

Secara keseluruhan ibu satu ini memang memiliki banyak nilai plus untuk sebagai istri idaman, tetapi sikap tersebut ditunjukkan untuk anaknya. Mungkin akan lain cerita bila Mamako pergi ke Isekai bersama mu sebagai pasangan hidupnya.


Akhir Kata


Mamako Oosuki adalah karakter ibu yang gak cocok jadi ibu karena sifat dan sikap yang selalu ia tunjukkan lebih seperti seorang pasangan hidup. Menjadikan Mamako sebagai pedamping adalah ide yang bagus.

Namun saya memberikan peringatan keras kepada penonton untuk tidak membandingkan ibu asli kalian dengan sesosok ibu dari cerita fiktif. Tetaplah berpikir jernih.