Fansub dan Fanshare, Serupa Tapi Tak Sama

 Yo sobat OL udah pada download dan nonton anime ongoing disitus kesayangan kamu belum, ngomong-ngomong anime apa yang jadi favorit mu musim ini? Oh iya, tahu tidak sih, situs nonton kesayangan kamu itu masuknya ke fansub atau fanshare? Pembahasan ini gak penting sih, karena saya serba bingung ya sudah saya lakukan reupload dan edit.

Pertama izinkan saya mengucapkan selamat datang kembali dan kami akan update seputar anime, game dan hal menarik lainnya tentunya sangat direkomendasikan untuk dibaca, jadi pantengin terus situs otakuline.net yah.

Fansub dan Fanshare

Sebelumnya telah dijelaskan secara panjang lebar mengenai fansub di artikel Fansub adalah Sosok Robin Hood Bagi Penikmat Film.

Jadi disana dijelaskan bahwa fansub itu merupakan orang atau kelompok yang melakukan pergantian/ penambahan subtitle sesuai bahasa daerah fansuber berada pada video anime yang sifatnya masih mentah (RAW) dan masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum dipublish dan dibagikan secara umum.

Selama ini kita hanya mencomot-comot animenya tanpa tahu siapakah mereka, fansub lokal yang saya tahu sih diantaranya Samehadaku, OPLovers, dan Awsubs.

Lalu sisanya adalah fanshare, gambaran sederhananya tempat mengunduh secara batch (batch itu jumlah video tertentu yang dikompres dalam satu file berformat .rar atau .zip).

Serupa Tapi Tak Sama


Serupa karena fansub dan fanshare sama-sama membagikan film yang sudah diberi subtitle. Tapi tak sama, hal ini dilihat dari proses pengerjaan mereka, fansub memberikan terjemah sedangkan fanshare hanya membagikan ulang hasil fansub.

Dari gambaran tadi harusnya kamu sudah mengetahui perbedaan fansub dan fanshare,

fanshare itu seperti situs Meownime, Anibatch dan lain-lain, lalu apa perbedaan dan permasalahannya?

Oh iya, sebelumnya perlu kamu ketahui kalau situs fanshare Meownime telah secara resmi berhenti membagikan anime-anime dan sekarang yang banyak berkeliaran adalah mereka yang memanfaatkan populeritasnya.

Gini . . ., coba lihatlah dan bukalah mata hatimu, ekhem bukan itu.

Coba lihatlah situs fanshare, kebanyakan anime yang disediakan berasal dari situs fansub dan mereka (fanshare) memiliki banyak file batch, itu merupakan hasil dari pengumpulannya dari para fansub, seperti hasil dari oplovers dan samehadaku yang dikemas dalam satu file.

Umumnya pengertian fanshare seperti ini.
Fanshare merupakan suatu komunitas, asosiasi atau perkumpulan yang tidak membuat proyek apapun tetapi justru melakukan pengumpulan anime dari para fansub yang kemudian dibagikan kembali. Intinya fanshare tidak membuat subtitle, mereka hanya mengambil, membagikan dan mendapat keuntungan. Keuntungan tersebut entah dibagi dengan fansubnya atau tidak, saya kurang tahu.

Seharusnya para fansub dan fanshare tidaklah boleh mengambil keuntungan dari video yang mereka bagikan, karena ini melanggar perjanjian yang dibuat dengan para pihak creator/studio anime tersebut.

Permasalahan pertama, jika mereka tidak mendapat keuntungan mereka akan berhenti, terutama fansub.

Tentu saja para fansub perlu makan dan upah dari hasil mereka, jadi kita tidak perlu protes karena ribet saat akan menonton atau download anime tersebut, ingatlah pekerjaan fansub bukanlah hal mudah. Mereka perlu memberikan waktu yang lama utnuk menghasilkan satu episode anime bersubtitle yang baik meskipun video yang mereka ambil adalah hasil dari pembajakan.

Berbeda dengan fanshare, mereka hanya membagikan hasil dari fansub. Ingat membagikan bukan mengambil alih dan mengklaimnya, hanya membagikan hasil pekerjaan fansub.

Permasalahan kedua, tidak akan ada fanshare jika tidak ada fansub.

Lah ko gitu? Silahkan baca kembali pengertian fanshare.

Sekarang tinggal pilihan kita ingin lebih sering nonton dari fansub atau fanshare. Setelah mengetahui hal ini janganlah membenci fanshare, karena mereka itu seperti memiliki keterikatan secara tidak langsung, fansub tidak akan dikenal tanpa fanshare dan fanshare tidak akan ada tanpa fansub.

Terlepas dari semua itu, penulis tidak bermaksud untuk mendukung keduanya. Hanya saja, terkadang masih banyak dari kita yang menafsirkannya secara searah dan juga baik fansub atau fanshare keduanya tetaplah ilegal. Jangan menuntut perilisan anime pada fansuber, mereka tidaklah membuat film-film karena mereka hanya memberikan terjemah, perilisan tetaplah dipegang oleh pihak penyiaran resmi film atau anime bersangkutan.