Bernasib sama, Musim Terakhir SAO: Alicization Tertunda karena Corona

SAO: Alicization Delayed

Beberapa anime yang direncanakan tayang perdana bulan April 2020 mendapat nasib buruk akibat wabah virus corona yang semakin meningkat, seperti musim kedua Re:Zero dan No Guns Life. Begitupun penayangan anime Sword Art Online: Alicization Final Season bernasib sama, musim terakhir dari seri Alicization tertunda penayangannya hingga bulan Juli 2020.

Pengumuman penundaan SAO: Alicization War of Underworld - Final Season diinformasikan secara langsung melalui halaman websitenya, sao-alicization.net dan juga melalui website dengekionline.com.

Pemberitahuan penundaan anime SAO Alicization.

Seperti teks yang tertera pada laman tersebut, menyatakan karena pengaruh penyebaran virus corona bagian kedua dari War of Underworld Sword Art Online ditunda, mereka berencana menyiarkan dan mendistribusikan mulai Juli 2020 dan mengumumkan kembali di situs web resmi animenya perihal tanggal dan waktu penayangan bila telah ditentukan.

Rencananya, anime SAO: Alicization War of Underworld bagian ke-2 akan tayang perdana di Jepang tanggal 25 April dan juga beberapa media seperti Crunchyroll, Hulu, dan Funanimation awalnya akan menyiarkan anime ini. Karena corona, akhirnya rencana tersebut gagal dan diundur menjadi anime summer tahun 2020 (Bulan Juli).


Kamu tahu? Akhir-akhir ini banyak sekali penayangan film diundur, penyebabnya tidak lain adalah pandemik covid-19. Memang tidak bisa diremehkan, virus tersebut sangat menghambat aktivitas manusia. Di Indonesia sendiri telah tercatat 3.512 dinyatakan positif terjangkit virus corona, 282 dinyatakan sembuh, dan 306 orang meninggal dunia. Dengan total keseluruhan dari 212 negara terkonfirmasi lebih dari 1,4jt terinfeksi dan total kematian mencapai 85rb lebih (penulis melihat pada 10 April 2020).

Akankah pengunduran penayangan anime terus bertambah?

Tentu saja, melihat situasi di Jepang saat ini kemungkinan besar penundaan penayangan anime akan bertambah. Disampaikan oleh NHK, kasus virus corona di Jepang lampaui angka 5rb, guna melakukan pencegahan terhadap perkembangan virus, pemerintah sana tentunya terus membuat kebijakan-kebijakan penting untuk keselematan warga-warganya.

Berikut ini adalah beberapa anime yang tertunda penayangannya karena virus corona:
  1. Re:Zero
  2. Oregairu
  3. Toaru Majutsu no Index
  4. Fate/stay night: Heaven's Feel III
  5. No Guns Life
  6. Violet Evergarden
  7. Sword Art Online: Alicization War of Underworld Final Season

Babang Kirito harus menunggu hingga Juli untuk kebangkitannya, karakter utama yang kehilangan perannya, sungguh kasihan, wkwkwk.

Dengan demikian musim spring memiliki daftar anime begitu sedikit, tapi tolong jangan permasalahkan hal tersebut. Sebagai sesama manusia tentulah kita harus mengerti, membantu dan mendukung keselamatan setiap individu, tidak lupa dengan diri sendiri, sering-seringlah mencuci tangan dan ikuti himbauan pemerintah.