Cara Mengunduh Aplikasi Cisco Packet Tracer untuk Windows dan Android


Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dengan fungsinya untuk mempermudah pekerjaan manusia. Bahkan, saat kamu ingin mempelajari sesuatu seperti membangun jaringan dengan skala besar antar gedung atau bahkan antar negara, sekarang tidak perlu repot memikirkan biaya. Karena telah tersedia berbagai aplikasi untuk melakukan simulasi jaringan secara gratis bernama Cisco Packet Tracer.

Dengan aplikasi Cisco Packet Tracer, memungkinkan kamu sebagai administrator jaringan untuk membuat topologi dengan bebas tanpa perlu memikirkan biaya. Aplikasi ini menyediakan banyak perangkat jaringan dari Cisco seperti router yang dibuat semirip mungkin seperti real-nya ditambah lagi memiliki tampilan antarmuka yang mudah dipahami bagi pemula.

Sayangnya, kita tidak bisa mendapat versi terbaru dengan mudah. Kita diharuskan membuat akun Netacad terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi Cisco Packet Tracer.

Tapi tenang, agar kamu tidak kerepotan saya telah meng-upload versi terbaru dan akan diusahakan untuk terus meng-upload apabila terdapat versi teranyar. Nah tanpa basa-basi lagi kamu bisa mengunduh aplikasi Cisco Packet Tracer untuk Windows dan Android dengan mengunjungi link aktif berikut:



Perlu diketahui, saya sangat merekomendasikan teman-teman agar memiliki akun. Salah satu kelebihannya adalah kita tidak akan dikenakan batas maksimal untuk menyimpan hasil kerja, jadi setiap membuka Cisco log in terlebih dahulu.

Selain itu, dengan membuat akun Netacad bisa dikatakan telah terdaftar sebagai anggotanya dan juga mendapatkan pembelajaran dasar mengenai aplikasi Cisco Packet Tracer dengan gratis dalam bahasa Inggris.

Berminat? Baiklah, ikuti tutorial cara membuat akun Netacad untuk Cisco Packet Tracer.

Cara Membuat Akun Netacad

Kunjungi link https://www.netacad.com/portal/self-enroll/c/1022312, kemudian kamu akan diarahkan pada halaman dengan tampilan seperti dibawah ini.


Langkah berikutnya sangatlah mudah, saya yakin teman-teman mengetahuinya. Masukan nama depan dan nama belakang kamu, pastikan gunakan akun email aktif karena untuk mengaktifkan akun, pihak Netacad akan mengirim verifikasi melalui email tersebut.

Untuk pilihan pada radio buttons itu opsional (tergantung pada keinginanmu), pilihan pertama adalah menerima update dan pilihan kedua pihak mereka tidak akan mengirim apapun kecuali terjadi kesalahan pada akun kamu. Pilihan terbaik adalah pilihan pertama.

Isilah captcha sesuai yang diminta dan klik submit.

Kita akan diarahkan pada tab baru untuk melengkapi data diri.


Selebihnya, ikuti saja seperti yang tertera pada gambar. Jangan lupa buatlah password yang mudah diingat tapi juga kuat dan memenuhi kriteria, gunakan minimal satu huruf kapital dan beberapa angka, contohnya "Abcdefgh123" tanpa tanda petik. Isikan captcha serta pilihlah ingin mendapat pemberitahuan update atau tidak, kemudian klik register.

Tunggu beberapa saat hingga kamu diarahkan pada halaman log in, setelah itu barulah masuk menggunakan akun yang baru saja dibuat dan anda akan diminta kode verifikasi.

Sekarang bukalah pesan yang dikirim ke email yang digunakan untuk mendaftar. Kamu akan mendapati pesan seperti dibawah ini:



Masukan kode verifikasi pada laman verify your email sesuai dengan kode yang kamu terima di email-mu, klik verify dan kamu akan diarahkan lagi pada halaman pelengkapan data diri sebagai langkah terkakhir. Isikan sesuasi permintaan kemudian tekan create account.

Selesai, kamu telah berhasil membuat akun Netacad dan dapat digunakan untuk login saat membuka aplikasi Cisco Packet Tracer di Windows maupun Android.

Demikianlah cara mudah mengunduh aplikasi Cisco Packet Tracer dan juga cara membuat akun Netacad. Ngomongin soal Cisco jangan lupa kunjungi beberapa tutorial jaringan: